Cursor

mode

Language Support

logo

Get in touch

  • [email protected]
  • Wisma Staco 7th Floor Jl Casablanca Raya Kav. 18 Menteng Dalam, Tebet South Jakarta
    Indonesia
Awesome Image Awesome Image

Our Blog 2022-12-20

Begini cara kerja Metaverse dan kegiatan yang bisa dilakukan

Writen by dct_admin_jaya

comments 0

Begini cara kerja Metaverse dan kegiatan yang bisa dilakukan

Cara kerja Metaverse tentu tidak bisa dipisahkan dari pemanfaatan teknologi virtual reality dan augmented reality.

Teknologi ini semakin sering dibicarakan setelah Mark Zuckerberg mengumumkan Facebook akan mengubah namanya menjadi Meta. 

Mark telah menghabiskan dana senilai USD 10 miliar di tahun 2021 untuk melakukan penelitian dan pengembangan teknologi augmented reality dan virtual reality dalam rangka mewujudkan gagasan dunia virtual immersive. Apalagi, transformasi teknologi metaverse selalu menjadi bahan pembicaraan meskipun konsepnya telah hadir sejak tiga dekade lalu.

Dalam jurnal yang berjudul “Metaverse Shape for Your Life to Future” menjelaskan konsep metaverse sebagai ruang futuristik yang memanfaatkan teknologi 3D, blockchain, dan artificial intelligence yang terintegrasi menciptakan dunia virtual dengan menghadirkan perasaan more present bagi penggunanya.

Terlebih lagi, Neal Stephenson merupakan seorang penulis Amerika yang pertama kalinya memperkenalkan kita semua mengenai apa itu metaverse pada novel Snow Crush. Novel ini menggambarkan dunia baru yang di dalamnya terdapat avatar virtual yang bisa melakukan interaksi sosial digital dan kegiatan sehari-hari lainnya seperti di dunia nyata. Lucunya, novel ini juga menceritakan konspirasi virtual reality dimana banyak manusia yang terhubung dengan dunia maya menjadi gila.

Sejak saat itu muncul beberapa buku dan film lain, salah satunya Ready Player One  yang mengisahkan seorang anak laki-laki remaja melakukan petualangan virtual di dalam dunia Oasis

Bagaimana Cara Kerja Metaverse?

Zuckerberg memperkenalkan kepada seluruh dunia mengenai ruang immersive hasil dari transformasi teknologi tingkat tinggi berorientasi masa depan.

Cara kerja dan cara masuk metaverse juga tidak sulit. Setiap orang akan dapat dengan mudah memasuki dunia ini melalui koneksi internet dari smartphone atau laptop yang dimilikinya dan membuat avatar sebagai identitas diri untuk dapat menjelajah di dunia virtual. Kacamata VR atau AR juga bisa digunakan sebagai pelengkap untuk memasuki ruang virtual ini.

Menariknya, avatar di metaverse dapat melakukan berbagai aktivitas seperti bekerja, berbelanja, bersosialisasi, bermain, menonton konser, menghadiri pameran karya seni, atau kegiatan-kegiatan lainnya secara online. Avatar juga dilengkapi dengan fitur-fitur bergerak, berbicara, dan animasi pendukung selayaknya manusia pada umumnya. 

Para pengguna internet akan meraskan pengalaman yang immersive karena cara kerja metaverse memanfaatkan  tiga teknologi utama berupa virtual realityaugmented reality, dan mixed reality.

Cara Kerja Mateverse Membutuhkan Teknologi Virtual Reality (VR)

Virtual Reality (VR) adalah konsep manusia komputer yang mensimulasikan dunia masa depan. Teknologi pemodelan dan simulasi komputer VR memungkinakan seseorang melakukan interaksi dengan lingkungan visual 3D buatan dan lingkungan sensorik. Fitur teknologi yang dikembangkan membuat pengguna memasuki ruang tertentu yang dihasilkan komputer dengan memberikan sensasi realitas immersive melalui perangkat interaktif komputer. 

Sistem akan mengirim dan menerima informasi yang digunakan pada kacamata, headshet, sarung tangan, atau alat-alat pendukung lainnya. Dalam keadaan format VR yang biasa, pengguna yang mengenakan helm dengan layar stereoskopik akan melihat gambar-gambar animasi di ruang tertentu sesuai dengan apa yang disimulasikan oleh komputer. 

Seseorang akan merasakan sebuah ilusi berada di dunia lain dipengaruhi oleh sensor gerak yang mengakibatkan pengguna akan menangkap gerakan dengan menyesuaikan gerak tubuhnya dengan tampilan di layar. Sehingga cara kerja metaverse sangat bergantung pada virtual reality.

Cara Kerja Mateverse Membutuhkan Teknologi Augmented Reality (AR)

 

Berbeda halnya dengan VR yang mencoba menggantikan kehidupan nyata dengan kehidupan virtual, augmented reality dikenal sebagai teknologi yang menggabungkan realisasi berbagai elemen digital dari komputer yang ditransfer ke dalam kehidupan nyata. 

Fitur ini menerapkan teknologi yang menggunakan metode overlay objek 3D masuk ke dalam dunia nyata. Objek tersebut memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan objek dunia real dalam rangka menghasilkan makna yang diinginkan.

AR berupaya menyertakan unsur suara, video grafis, gambar, dan detail lainya. Pada perangkat AR, gambar virtual 3D yang dihasilkan komputer akan dihamparkan ke objek dunia nyata berdasarkan hubungan geometris. Gambar akan diproyeksikan di layar ponsel, kacamata AR, atau alat pendukung AR lainnya. Tidak seperti headset realitas virtual yang mendorong pengguna membenamkan dirinya ke dunia simulasi, kacamata AR akan berguna untuk mendeteksi objek virtual di dunia nyata.

Dengan demikian, cara kerja metaverse tentu membutuhkan teknologi AR untuk memaksimalkan pengalaman virtual yang diberikan.

Cara Kerja Metaverse  Membutuhkan Teknologi Mixed Reality (MR)

 

Sedangkan, mixed reality sering disebut sebagai realitas hibrida penggabungan antara virtual reality dan augmented reality yang menghasilkan lingkungan baru berupa interaksi antara objek virtual dan fisik disajikan secara nyata.  

Perangkat MR memiliki kemampuan untuk terus mengumpulkan informasi baru yang terjadi di sekitarnya. Informasi yang dihasilkan akan membantu menempatkan elemen digital secara tepat ke dalam dunia nyata dan pengguna akan lebih mudah untuk dapat berinteraksi di dalamnya. Teknologi hybrid ini menyatukan dunia virtual dan dunia fisik dimana masing-masing dunia tersebut saling berhubungan. Sehingga cara kerja metaverse sangat memanfaatkan teknologi penggabungan VR dan AR.

Bagaimana Cara Masuk Metaverse?

Selayaknya cara kerja metaverse yang tidak mudah, memasuki metaverse juga tidak sesederhana yang kita pikirkan ada  beberapa langkah yang perlu dipersiapkan agar seseorang dapat masuk ke dalam dunia metaverse.

Langkah-Langkah Memasuki Metaverse 

1. Mempersiapkan Perangkat Laptop atau Smartphone 

Sebelum memasuki dunia metaverse diperlukan perangkat khusus seperti smartphone, laptop, atau komputer yang dilengkapi dengan jaringan internet yang bagus dan stabil untuk dapat dengan mudah mengakses platform metaverse.

2. Mempersiapkan E-wallet 

Untuk melakukan buka akun dan transaksi di platform metaverse, pengguna perlu menyiapkan dompet kripto yang nantinya akan digunakan untuk menampung semua mata uang digital. Metamask bisa menjadi salah satu rekomendasi dompet digital yang populer untuk dipilih sebagai dompet kripto. 

Tidak hanya itu, Metamask wallet dapat diunduh dengan smartphone, laptop, atau komputer yang anda gunakan melalui browser Google Chrome. Setelah itu, pengguna bisa langsung menukarkan uangnya ke dalam mata uang kripto melalui kartu debit atau kredit. 

3. Mempersiapkan Perangkat Pendukung Lain nya 

Pengguna bisa mempersiapkan perangkat pelengkap lain nya seperti headset dan kacamata VR atau AR untuk memaksimalkan sensasi yang dirasakan ketika mengunjungi metaverse. Namun, yang perlu diperhatikan tidak semua jenis metaverse menggunakan kacamata VR atau AR sehingga pengunjung perlu menyesuaikannya dengan platform yang dipilihnya terlebih dahulu.

4. Menentukan Platform Metaverse Yang Akan Digunakan

Langkah selanjutnya sebelum memutuskan jenis metaverse mana yang akan dibeli dapat dipertimbangkan dengan bergantung pada beberapa faktor seperti harga, ukuran tanah, dan penjual. Sehingga diperlukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan apa yang ingin dibeli dan jenis metaverse apa yang dipilih. 

Seperti halnya beberapa tempat di dunia. New York, London, atau Tokyo menawarkan harga real estate di wilayahnya dengan harga paling mahal namun memiliki nilai yang tinggi, Fenomena ini juga terjadi di platform metaverse. 

Misalnya, platform Roblox telah menyelenggarakan konser virtual dengan mengundang artis-artis dunia terkenal seperti Zara Larsson. Decentraland telah menyelenggarakan peragaan busana virtual yang diikuti oleh Adidas, D&G, atau Paris Hilton. Melihat platform-platform ini yang memiliki kualitas value tinggi, secara otomatis lahan yang dijual akan dibandrol dengan harga tinggi. 

Namun, terdapat juga platform metaverse yang menjual  aset dengan harga murah mulai dari 15.000 dolar seperti Voxels, Axie Infinity (AXS), Aavegotchi, dan Somnium.  Sehingga dengan banyaknya platform metaverse  yang ada, pengguna dapat memilih sesuai dengan e-wallet yang dimilikinya.

Seperti Apa Contoh Metaverse?

Pencarian platform metaverse pada tahun 2022  didorong oleh meningkatnya perhatian publik pada potensi metaverse. Perusahaan teknologi besar di dunia mengembangkan jenis metaversenya untuk diimplementasikan di berbagai sektor kehidupan sehari-hari.

Metaverse Game

Industri game menjadi salah satu sektor industri yang mengusung konsep dunia virtual. Banyak sekali platform games seperti:

1. Decentraland

Pada 2020, Decentraland merupakan platform game yang rilis menggunakan cryptocurrency MANA untuk dijadikan sebagai alat pembayaran real estate nya yang menyediakan lebih dari 90.000 bidang tanah yang bisa dijadikan untuk membangun rumah, hotel, bioskop, bahkan penyelenggaraan konser secara virtual. Decentraland juga menggemparkan publik dengan peluncuran ATM metaverse pertama di dunia berkolaborasi bersama Transak dan Metaverse Architects Studio. 

2. Fortnite

Fortnite menjadi salah satu platform game populer di dunia. Metaverse ini juga melakukan inovasi dengan menciptakan konser musik Travis Scott, Ariana Grande, and Billie Eilish serta membangun pusat perbelanjaan Carrefour secara virtual.

3. Sandbox 

Sandbox sebagai game metaverse yang dikenal banyak orang, memiliki fitur untuk memberikan kebebasan penggunaannya untuk membuat game sendiri atau bisa juga dengan memainkan game yang telah dibuat oleh orang lain. Istilah Snoop Dogg dan Deadmau5 sering sekali digunakan dalam dalam metaverse ini.

4. Roblox 

Roblox menjadi salah satu platform game yang mayoritasnya dimainkan oleh anak-anak di Amerika. Setiap hari game ini dikunjungi oleh hampir 50 juta penggunaannya dari seluruh dunia. Seperti halnya metaverse game lainnya,  Roblox menggunakan Robux sebagai jenis cryptocurrency yang digunakan untuk membeli aset. Aplikasi ini juga menghadirkan konser musik virtual dengan bekerja sama langsung bersama Sony Music.

5. Axie Infinity 

Pada 2018, game Axie Infinity diluncurkan oleh Sky Mavis. Platform ini memiliki ciri khas menampilkan hewan-hewan fantastis yang dikenal dengan istilah Axies dimana para penggunanya diharuskan untuk merawat, membesarkan, memperdagangkan  hewan-hewan yang ada pada aplikasi tersebut.

 Metaverse Workplace

Selain games platform, terdapat berbagai perusahaan juga memanfaatkan teknologi metaverse untuk meningkatkan produktivitas kerjanya, yaitu:

1. Horizon Workrooms 

Meta menciptakan konsep kantor virtual yang memungkinkan penggunanya dapat merasakan sensasi duduk bagaikan di sofa kantor dan berinteraksi dengan avatar lain. Perangkat lunak ini juga menghadirkan solusi unggulan bagi tenaga kerja korporat jarak jauh untuk melakukan brainstorming bersama dengan memanfaatkan virtual reality whiteboard yang disediakan di Horizon Workrooms. Sehingga jarak tidak akan menjadi hambatan untuk seseorang bisa produktif menyelesaikan pekerjaannya.

2. HoloLens 

Microsoft juga meluncurkan proyek metaversnya berupa HoloLens yang dapat diakses tanpa menggunakan headset VR/AR untuk bisa mengunjungi monitor 2D.  Sistem mesh akan mengembangkan fitur avatar 3D yang dapat disesuaikan dimana pengguna bisa menggunakan avatar untuk menghadiri rapat-rapat virtual di Microsoft Teams dan masing-masing avatar dapat berkolaborasi untuk menyelesaikan proyek pekerjaan bersama.

Metaverse Health Care

Banyak orang yang membahas betapa potensialnya metaverse diimplementasikan kedalam berbagai aktivitas kehidupan sehari-hari seperti bermain game, bekerja, hiburan, dan sosialisasi. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa metaverse juga dapat diimplementasikan pada bidang kesehatan karena menggunakan beberapa inovasi teknologi baru seperti:

  • Virtual Reality Telemedicine 

Telemedicine dapat diartikan sebagai layanan medis jarak jauh dimana pengguna yang membutuhkan obat-obatan dan konsultasi tidak memerlukan keluar rumah untuk membeli dan melakukan nya. Sejak pandemi, teknologi ini digunakan oleh sekitar 95% orang di dunia. 

Dengan adanya metaverse, konsultasi medicine dapat memanfaatkan teknologi virtual reality. Melalui keberadaan VR, pasien bisa melakukan perawatan jarak jauh. Sehingga lokasi tidak menjadi alasan seseorang untuk tidak mendapatkan layanan kesehatan.

  • Digital Twins 

Digital Twins merupakan sebuah sistem yang memungkinkan untuk mengambil sebuah keputusan cepat berdasarkan dari berbagai data yang ada. Dalam dunia kesehatan, teknologi ini dapat digunakan sebagai mesin “boneka pendeteksi” yang bisa digunakan untuk memprediksi terkait kondisi pasien pasca operasi.

  • Blockchain Technology

Blockchain merupakan teknologi yang digunakan sebagai sistem penyimpanan data. Dalam sektor kesehatan, teknologi ini digunakan untuk menyimpan data-data krusial pasien yang disatukan dalam sebuah sistem pada sebuah server tertentu. 

  • Convergen

Convergen merupakan teknologi digital yang terintegrasi dimana pihak medis dapat memaksimalkan berbagai layanannya terhadap pasien secara virtual melalui teknologi ini. Seperti pemantau aktivitas pasien di metaverse dan sistem ini juga membantu dokter dalam melakukan diagnosis lebih cepat terhadap pasiennya tanpa terkendala jarak.

  • Virtual Hospital 

Virtual hospital merupakan sebuah konsep rumah sakit virtual yang dapat diakses dengan menggunakan headset. Proyek ini telah dikembangan oleh Latus Health Care yang pada awalnya difokuskan dalam melayani konseling dan fisioterapi online.

Terdapat beberapa platform perusahaan kesehatan dunia yang juga yang memanfaatkan teknologi metaverse dalam rangka meningkatkan pelayanannya seperti:

1. HealthLand.io

HealthLand.io adalah jenis platform metaverse yang terfokus pada pelayanan kesehatan mental dan menyediakan pelatihan kebugaran serta pakar kesehatan yang menawarkan jasa konsultasi kesehatan dengan biaya rendah.

2. DeHealth

DeHealth dikenal sebagai salah satu platform di metaverse yang menyediakan pelayanan konsultasi daring untuk seluruh warga dunia.

3. Bump Galaxy 

Bump Galaxy merupakan sebuah tempat sosial virtual berbasis minecraft yang mengadopsi pendekatan bottom-up untuk kesehatan mental dengan memanfaatkan lingkungan permainan untuk memberikan sensasi fisiologis baru keamanan dan dukungan sosial. Oleh karena itu, aplikasi ini menawarkan bantuan bagi orang-orang mengatasi kecemasan, keputusasaan, dan trauma melalui bermain.

4. IoTeX 

IoTeX populer sebagai salah satu jenis metaverse yang memiliki kemampuan untuk mendeteksi keadaan pasien dan mendorong para pasiennya untuk menjalani gaya hidup sehat.

5. AccuVein

AccuVein adalah jenis metaverse yang memiliki teknologi sistem pencitraan vena mutakhir yang menghilangkan rasa takut memar setelah prosedur injeksi. Ahli bedah kosmetik sekarang dapat melihat jaringan besar pembuluh darah vena dan pembuluh darah di bawah kulit sebelum perawatan berkat teknologi pengubah permainan AccuVein.

Selain platform-platform yang ada di atas, terdapat juga beberapa perusahaan lainnya seperti Microsoft, Global Healthcare Academy, Google LLC, Meta, inc., dan 8chili, Inc yang sedang mengembangkan masing-masing metaverse-nya untuk terus berinovasi di dalam sektor kesehatan.

 

 

 

Tags :