Cursor

mode

Language Support

logo
logo

Get in touch

  • [email protected]
  • Wisma Staco 7th Floor Jl Casablanca Raya Kav. 18 Menteng Dalam, Tebet South Jakarta
    Indonesia
Awesome Image Awesome Image

Our Blog 2024-07-02

Mengapa Perusahaan Harus Berinvestasi Pada Interface Design?

Writen by novaldo

comments 0

Interactive-design-02

Mengapa Perusahaan Harus Berinvestasi Pada Interface Design yang Efektif?

Digital Center – Transform Our Nation, Interface Design adalah salah satu elemen yang cukup penting dalam pengembangan aplikasi dan situs web. Hal ini mengacu pada pengguna yang memiliki ekspektasi tinggi terhadap pengalaman pengguna (user experience), memiliki Interface yang efektif bukan lagi pilihan, melainkan kebutuhan. Artikel ini akan membahas secara mendalam mengapa perusahaan harus berinvestasi pada Interface Design yang efektif.

Apa Yang Dimaksud Dengan Interface Design?

Interface Design adalah proses merancang tampilan dan interaksi antara pengguna dan sistem. Tujuannya adalah untuk menciptakan pengalaman yang intuitif, efisien, dan menyenangkan bagi pengguna. Elemen-elemen pada Interface Design meliputi tata letak, warna, tipografi, ikon, dan elemen navigasi. Interface Design yang baik memadukan estetika dengan fungsionalitas untuk menciptakan pengalaman pengguna yang optimal.

Pentingnya Memiliki Interface Design yang Efektif

1. Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Interface Design yang baik secara langsung meningkatkan pengalaman pengguna. Pengguna yang dapat dengan mudah bernavigasi pada situs web atau aplikasi akan merasa puas dan lebih mungkin untuk kembali. Navigasi yang intuitif dan desain yang bersih membantu pengguna menemukan informasi atau fitur yang mereka butuhkan dengan cepat dan tanpa kesulitan.

2. Meningkatkan Tingkat Konversi

Navigasi yang efektif adalah kunci untuk meningkatkan tingkat konversi. Pengguna yang dapat dengan mudah menemukan produk atau layanan yang mereka cari lebih cenderung untuk melakukan pembelian atau tindakan lain yang diinginkan. Interface Design yang baik tentunya dapat mengurangi hambatan dalam proses pengguna dan membantu mengarahkan mereka ke tujuan akhir dengan lebih efisien.

3. Membangun Kepercayaan dan Kredibilitas

Interface Design yang profesional dan konsisten membantu membangun kepercayaan dan kredibilitas. Pengguna cenderung lebih percaya pada perusahaan yang memiliki situs web atau aplikasi dengan desain yang baik dan navigasi yang mudah digunakan. Kepercayaan ini sangat penting untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

4. Efisiensi Pada Customer Support

Interface Design yang efektif dapat mengurangi kebutuhan akan dukungan pelanggan. Pengguna yang dapat dengan mudah menavigasi dan memahami cara kerja aplikasi atau situs web akan lebih jarang memerlukan bantuan. Ini berarti lebih sedikit permintaan dukungan dan lebih sedikit biaya yang perlu anda keluarkan terkait dengan layanan pelanggan.

Peran Navigasi dalam Interface Design

Navigasi adalah salah satu elemen terpenting dalam Interface Design. Navigasi yang baik memudahkan pengguna untuk menemukan informasi atau fitur yang mereka butuhkan. Berikut adalah beberapa aspek penting dari navigasi yang efektif:

1. Konsistensi

Konsistensi adalah kunci dalam navigasi. Elemen navigasi harus konsisten di seluruh situs web atau aplikasi. Ini membantu pengguna merasa familiar dan nyaman saat menavigasi. Konsistensi mencakup penggunaan ikon, tata letak menu, dan istilah navigasi yang sama di seluruh platform.

2. Kejelasan

Navigasi harus jelas dan mudah dimengerti. Gunakan label yang sederhana dan deskriptif untuk elemen navigasi. Hindari istilah teknis atau jargon yang mungkin tidak dipahami oleh semua pengguna. Kejelasan membantu pengguna untuk dengan cepat memahami cara menavigasi situs atau aplikasi Anda.

Baca Juga : Siapa Saja yang Harus Memahami Information Architecture Pada UI/UX?

3. Hierarki Visual

Hierarki visual membantu pengguna memahami struktur situs atau aplikasi. Elemen-elemen penting harus menonjol dan mudah diakses. Gunakan ukuran, warna, dan posisi untuk menunjukkan prioritas elemen navigasi. Hierarki visual yang baik membantu pengguna menemukan informasi dengan cepat dan efisien.

4. Responsif

Navigasi harus responsif dan cepat. Waktu respons yang lambat dapat membuat pengguna frustrasi dan meninggalkan situs atau aplikasi Anda. Pastikan elemen navigasi merespons dengan cepat saat pengguna berinteraksi dengan mereka.

5. Fleksibilitas

Navigasi harus fleksibel dan adaptif terhadap berbagai perangkat. Dengan meningkatnya penggunaan perangkat mobile, navigasi harus dirancang untuk bekerja dengan baik pada layar kecil maupun besar. Gunakan menu hamburger dan tata letak responsif untuk memastikan navigasi tetap mudah digunakan di semua perangkat.

Navigasi yang Efektif pada Situs E-Commerce

Untuk memahami pentingnya navigasi yang baik, mari kita lihat studi kasus situs e-commerce. Sebuah toko online dengan navigasi yang efektif akan memiliki kategori produk yang jelas, fitur pencarian yang canggih, dan jalur pembelian yang sederhana. Berikut adalah beberapa contoh navigasi yang efektif pada situs e-commerce yang sudah sukses :

Tokopedia

ilustrasi penerapan interface design pada Tokopedia

Tokopedia menggunakan navigasi yang intuitif dengan kategori yang jelas dan filter pencarian yang efektif. Menu pada versi mobile memudahkan pengguna untuk menavigasi situs pada perangkat kecil. Fitur pencarian yang cepat dan akurat membantu pengguna menemukan produk yang spesifik dengan mudah.

Tips untuk Meningkatkan Navigasi pada Situs Web Anda

  • Gunakan Menu Dropdown: 

Menu dropdown membantu pengguna melihat semua kategori dan subkategori produk dengan mudah tanpa harus memuat halaman baru.

  • Tambahkan Fitur Pencarian:

Fitur pencarian yang canggih dengan filter dapat membantu pengguna menemukan produk yang spesifik dengan cepat.

  • Sediakan Breadcrumbs: 

Breadcrumbs adalah navigasi sekunder yang menunjukkan lokasi pengguna di dalam struktur situs. Ini membantu pengguna untuk kembali ke halaman sebelumnya atau melihat jalur yang mereka ambil.

  • Optimalisasi Mobile 

Pastikan navigasi bekerja dengan baik di perangkat mobile. Gunakan menu dan pastikan elemen navigasi dapat diakses dengan mudah pada layar kecil.

  • User Testing

Lakukan pengujian dengan pengguna nyata untuk memahami bagaimana mereka berinteraksi dengan navigasi Anda. Gunakan umpan balik ini untuk melakukan perbaikan.

Bagaimana Kamu dapat Membangun Interface Design eksklusif dengan Digital Center Group ?

Layanan dan Dukungan Digital Center Group

  • E-commerce Development:

    Digital Center Group menawarkan solusi terkait e-commerce, mulai dari developing hingga maintaining. Bisnismu akan dibangun oleh ahli yang berpengalaman dalam dunia e-commerce.
  • Web & Design Development:

    Layanan yang berfokus pada pengembangan situs web serta desain antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) yang menarik dan fungsional. Layanan ini mencakup berbagai aspek mulai dari perencanaan, desain, hingga pemeliharaan situs web yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas online dan interaksi pengguna.
  • Cyber Security Services:

    Dirancang untuk menjaga integritas, kerahasiaan, dan ketersediaan informasi bisnis dengan menerapkan langkah-langkah keamanan yang proaktif dan responsif.
  • CRM Solutions:

    Bertujuan untuk meningkatkan hubungan bisnis melalui pengelolaan data dan informasi pelanggan, meningkatkan retensi pelanggan, serta mendorong pertumbuhan penjualan.
  • UI/UX Design & Development:

    Pengembangan strategis yang membantu bisnis dalam memberikan pengalaman pengguna yang superior, serta mendorong pertumbuhan dan kesuksesan jangka panjang.
  • Digital Marketing Solutions:

    Membantu bisnis dalam memanfaatkan kekuatan digital dalam mencapai audiens yang lebih luas, meningkatkan visibilitas merek, dan mendorong pertumbuhan penjualan.

Baca Juga : Apa Itu Interface Design dan Mengapa Penting Bagi Bisnis Anda?

Kesimpulan

Interface Design yang efektif, khususnya dalam hal navigasi, sangat penting untuk kesuksesan bisnis digital. Dengan memahami dan menerapkan prinsip-prinsip navigasi yang baik, perusahaan dapat meningkatkan pengalaman pengguna, meningkatkan tingkat konversi, dan membangun kepercayaan serta kredibilitas. Investasi dalam Interface Design yang efektif adalah langkah penting untuk memastikan pengguna dapat menemukan apa yang mereka cari dengan mudah dan menikmati pengalaman yang positif di situs atau aplikasi Anda.

Selain itu, dengan dukungan yang berkelanjutan, Digital Center Group merupakan partner yang tepat untuk membawa UI/UX Design kamu to the next level. untuk itu apabila kamu membutuhkan informasi terkait dengan E-commerce Solutions, Web & Design Development, Mobile apps Development, Cybersecurity Services, CRM Solutions, UI/UX, hingga Digital Marketing solutions, kamu dapat  menghubungi kami melalui chatbot kami, serta jangan lupa untuk mengunjungi media sosial kami yakni Instagram @Digitalcenter.id Serta Linkedin Digital Center.