Cursor

mode

Language Support

logo
logo

Get in touch

  • [email protected]
  • Wisma Staco 7th Floor Jl Casablanca Raya Kav. 18 Menteng Dalam, Tebet South Jakarta
    Indonesia
Awesome Image Awesome Image

Our Blog 2024-06-24

Tips Membangun Information Architecture yang User Friendly

Writen by novaldo

comments 0

Information-architecture-12

Tips Membangun Information Architecture yang User Friendly

Digital Center – Transform Our Nation, Pada era digital yang semakin berkembang, Information Architecture (IA) menjadi salah satu aspek penting dalam pengembangan situs web dan aplikasi. IA yang baik dapat meningkatkan User Experience (UX) dengan memudahkan navigasi, pencarian informasi, dan pemahaman keseluruhan situs atau aplikasi. Artikel ini akan memberikan tips mendalam tentang cara membangun IA yang user friendly, serta menjelaskan pentingnya IA dalam konteks desain digital.

Apa Itu Information Architecture?

Information Architecture adalah seni dan ilmu mengatur dan memberi label pada situs web atau aplikasi untuk mendukung kegunaan dan navigasi yang mudah. IA melibatkan struktur halaman, pengelompokan konten, dan sistem navigasi yang dirancang untuk membantu pengguna menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat dan efisien.

Pentingnya Information Architecture yang Baik

  • Meningkatkan User Experience (UX): IA yang baik membuat situs atau aplikasi lebih mudah digunakan, yang pada gilirannya meningkatkan kepuasan pengguna.
  • Mempermudah Pengalaman saat Bernavigasi: Dengan struktur yang jelas, pengguna dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka cari tanpa merasa kesulitan.
  • Mengoptimalkan SEO: Situs dengan IA yang baik cenderung lebih mudah terindeks oleh mesin pencari, meningkatkan visibilitas dan peringkat situs.
  • Mendukung Aksesibilitas: IA yang baik memastikan bahwa semua pengguna, termasuk mereka dengan kebutuhan khusus, dapat mengakses dan memahami konten dengan mudah.

Tips Membangun Information Architecture yang User Friendly

1. Kenali Pengguna kamu

Langkah pertama dalam membangun IA yang efektif adalah memahami kebutuhan dan perilaku pengguna. Gunakan metode seperti survei, wawancara, dan analisis data untuk mengidentifikasi apa yang pengguna cari dan bagaimana mereka berinteraksi dengan situs atau aplikasi kamu.

2. Lakukan Card Sorting

Card sorting adalah teknik yang melibatkan pengguna dalam mengelompokkan konten sesuai dengan logika mereka sendiri. Teknik ini membantu kamu memahami cara berpikir pengguna dan membangun struktur yang intuitif bagi mereka. Ada dua jenis card sorting:

  • Open Card Sorting: Pengguna bebas mengelompokkan dan memberi label kategori.
  • Closed Card Sorting: Pengguna mengelompokkan konten ke dalam kategori yang sudah ditentukan.

3. Buat Sitemap yang Jelas

Sitemap adalah representasi visual dari struktur situs atau aplikasi kamu. Ini membantu kamu merencanakan dan mengatur halaman serta tautan di antara mereka. Sitemap yang baik memudahkan pengguna untuk memahami struktur situs dan menemukan informasi dengan cepat.

4. Desain Navigasi yang Efektif

Navigasi yang baik adalah kunci IA yang user friendly. Pastikan menu navigasi mudah ditemukan dan digunakan. Beberapa tips untuk desain navigasi:

  • Gunakan Label yang Jelas: Hindari penggunaan jargon dan istilah yang mudah dipahami oleh pengguna.
  • Hindari Terlalu Banyak Menu: Batasi jumlah menu utama untuk menghindari kebingungan.
  • Gunakan Breadcrumbs: Breadcrumbs membantu pengguna melacak posisi mereka di situs dan kembali ke halaman sebelumnya dengan mudah.

Baca Juga : Solusi IA untuk UX Website dari Digital Center Group

5. Implementasi Hierarki Visual

Hierarki visual membantu pengguna memproses informasi dengan cepat dengan menekankan elemen penting dan mengelompokkan konten terkait. Gunakan ukuran & warna untuk menciptakan hierarki visual yang jelas.

6. Buat Konten yang Mudah Dipindai

Pengguna cenderung memindai halaman web daripada membaca setiap kata. Gunakan teknik berikut untuk membuat konten yang mudah dipindai:

  • Subjudul: Gunakan subjudul untuk memecah teks menjadi bagian yang lebih kecil.
  • Bullet Points: Gunakan bullet points untuk daftar dan poin penting.
  • Paragraf Pendek: Hindari paragraf panjang yang sulit dibaca.

7. Pengujian dan Evaluasi

Setelah merancang IA, lakukan pengujian dengan pengguna nyata untuk mengidentifikasi masalah dan area yang perlu ditingkatkan. Gunakan metode seperti usability testing dan A/B testing untuk mendapatkan feedback yang berharga.

8. Pertimbangkan Aksesibilitas

Pastikan bahwa situs atau aplikasi kamu dapat diakses oleh semua pengguna, termasuk mereka dengan kebutuhan khusus. Gunakan stkamur aksesibilitas web (seperti WCAG) sebagai panduan untuk memastikan bahwa semua elemen dapat diakses dan digunakan dengan mudah.

9. Konsistensi

Konsistensi adalah kunci dalam desain IA. Gunakan tata letak, warna, dan terminologi yang konsisten di seluruh situs atau aplikasi untuk menghindari kebingungan dan memastikan pengalaman pengguna yang mulus.

10. Teruslah Beradaptasi

Teknologi dan kebutuhan pengguna terus berubah. Oleh karena itu, penting untuk secara berkala meninjau dan memperbarui IA kamu agar tetap relevan dan efektif. Lakukan analisis rutin dan dengarkan feedback pengguna untuk membuat penyesuaian yang diperlukan.

Pengenalan tentang Digital Center Group

Digital Center Group adalah pusat pengembangan teknologi informasi yang berdedikasi untuk membawa Indonesia untuk tampil & menunjukan bakat serta potensi yang ada di dunia teknologi digital. Dengan seluruh Digital Center yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia, Digital Center Group telah membantu berbagai industri dan perusahaan dalam memperkuat kehadiran mereka dalam dunia digital.

Mengapa Digital Center Membangun IA yang User friendly?

Di Digital Center, kami percaya bahwa IA yang baik adalah investasi jangka panjang yang dapat meningkatkan kepuasan pengguna dan mendukung tujuan bisnis. IA yang dirancang dengan baik dapat membantu kami:

  • Meningkatkan Konversi: Dengan memudahkan pengguna menemukan informasi yang mereka butuhkan, kami dapat meningkatkan tingkat konversi.
  • Mengurangi Tingkat Bounce Rate: Navigasi yang intuitif dan label yang jelas dapat mengurangi tingkat Bounce Rate pada halaman.
  • Meningkatkan Kepuasan Pengguna: Pengalaman pengguna yang positif dapat meningkatkan loyalitas dan retensi pengguna.

Layanan dan Dukungan Digital Center Group

  • E-commerce Development:

    Digital Center Group menawarkan solusi terkait e-commerce, mulai dari developing hingga maintaining. Bisnismu akan dibangun oleh ahli yang berpengalaman dalam dunia e-commerce.

  • Web & Design Development:

    Layanan yang berfokus pada pengembangan situs web serta desain antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) yang menarik dan fungsional. Layanan ini mencakup berbagai aspek mulai dari perencanaan, desain, hingga pemeliharaan situs web yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas online dan interaksi pengguna.

  • Cyber Security Services:

    Dirancang untuk menjaga integritas, kerahasiaan, dan ketersediaan informasi bisnis dengan menerapkan langkah-langkah keamanan yang proaktif dan responsif.

  • CRM Solutions:

    Bertujuan untuk meningkatkan hubungan bisnis melalui pengelolaan data dan informasi pelanggan, meningkatkan retensi pelanggan, serta mendorong pertumbuhan penjualan.

  • UI/UX Design & Development:

    Pengembangan strategis yang membantu bisnis dalam memberikan pengalaman pengguna yang superior, serta mendorong pertumbuhan dan kesuksesan jangka panjang.

  • Digital Marketing Solutions:

    Membantu bisnis dalam memanfaatkan kekuatan digital dalam mencapai audiens yang lebih luas, meningkatkan visibilitas merek, dan mendorong pertumbuhan penjualan.

Baca Juga : Kunci utama pada IA untuk UX yang Optimal

Kesimpulan

Membangun Information Architecture yang user friendly memerlukan pemahaman yang mendalam tentang pengguna kamu dan bagaimana mereka berinteraksi dengan situs atau aplikasi kamu. Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat menciptakan struktur yang intuitif, mudah untuk digunakan saat bernavigasi, dan mendukung pengalaman pengguna yang positif. IA yang baik bukan hanya meningkatkan kepuasan pengguna, tetapi juga membantu mencapai tujuan bisnis kamu melalui peningkatan keterlibatan dan retensi pengguna.

Melalui desain IA yang baik, Digital Center Group dapat memastikan bahwa pengguna mudah menemukan informasi yang mereka butuhkan dan menikmati pengalaman yang menyenangkan saat belajar dan berinteraksi dengan platform kami. Dengan demikian, kami dapat terus mendukung pertumbuhan digital di Indonesia dengan cara yang efektif dan inklusif.

Selain itu, dengan dukungan yang berkelanjutan, Digital Center Group merupakan partner yang tepat untuk membawa UI/UX Design kamu to the next level. untuk itu apabila kamu membutuhkan informasi terkait dengan E-commerce Solutions, Web & Design Development, Mobile apps Development, Cybersecurity Services, CRM Solutions, UI/UX, hingga Digital Marketing solutions, kamu dapat  menghubungi kami melalui chatbot kami, serta jangan lupa untuk mengunjungi media sosial kami yakni Instagram @Digitalcenter.id Serta Linkedin Digital Center.