Cursor

mode

Language Support

logo
logo

Get in touch

  • [email protected]
  • Wisma Staco 7th Floor Jl Casablanca Raya Kav. 18 Menteng Dalam, Tebet South Jakarta
    Indonesia
Awesome Image Awesome Image

Our Blog 2022-12-26

Begini cara membuat NFT Sendiri, Kamu juga bisa lho!

Writen by dct_admin_jaya

comments 0

Begini cara membuat NFT Sendiri, Kamu juga bisa lho!

Apa Itu NFT?

Perkembangan teknologi yang sangat cepat, mendorong seseorang dapat membuat NFT sendiri dengan mudah saat ini. Tak kalah dengan eksistensi metaverse, NFT juga menjadi pusat perhatian masyarakat global sehingga diburu banyak orang.

Seiring dengan kemunculannya, apakah kamu mengetahui apa itu NFT? 

Sederhananya, Non Fungible Token (NFT) merupakan instrumen aset digital yang direpresentasikan dengan barang-barang digital berupa musik, karya seni, klip video, foto, dan lain-lain dengan format berkas digital meliputi JPEG,PNG, dan GIF. 

Berbagai aset digital ini dapat dibeli dengan menggunakan mata uang kripto. Selain itu, NFT juga berfungsi sebagai bukti kepemilikan dari aset digital yang telah kamu beli sebelumnya.

Setiap transaksi pembelian aset digital, tentu akan dicatat dalam sistem teknologi blockchain yang mana data tersebut berisi tentang informasi pencipta, harga, dan historis kepemilikan aset. 

NFT memiliki karakteristik yang unik karena masing-masing  instrumen digital ini tidak memiliki kesamaan nilai. 

NFT merupakan karya seni yang berbentuk aset digital
www.freepik.com/author/user10017038

Dengan kata lain, NFT yang kamu miliki pasti memiliki nilai yang berbeda dengan NFT milik temanmu. Setiap NFT akan memiliki tanda tangan digitalnya sendiri. Sehingga tempat penyimpanan aset digital ini tidak dapat ditukar atau bahkan setara dengan klip NFT lain. 

Setiap NFT tunggal dapat diperjualbelikan beberapa kali. Namun, sayangnya pembeli baru harus membayar royalti kepada pencipta NFT  yang dikenakan tambahan biaya 10% dari harga total NFT tersebut.

Menariknya lagi, pasar untuk  NFT mencapai USD 41 miliar pada tahun 2021 yang mana membuat banyak orang terkejut karena nilainya sangat fantastis mendekati nilai total seluruh pasar seni rupa global.

Cara Membuat NFT Sendiri

Setiap orang dapat membuat NFT pribadi
www.freepik.com
 
 

Melihat peluang baru mendapatkan cuan semakin mudah,  NFT bisa dijadikan salah satu rekomendasi tempat yang kamu bisa coba  untuk mencari pundi-pundi uang. Menariknya kamu juga bisa membuat NFT sendiri dengan mudah saat ini.

Berita seorang remaja laki-laki bernama Ghozali yang menjual NFT foto selfienya senilai 1,5 miliar mendorong banyak orang berlomba-lomba membuat NFT.

Oleh karena itu, berikut langkah-langkah membuat NFT:

1. Memilih Jenis Item  Untuk Membuat NFT Sendiri

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk memiliki NFT yaitu memilih sebuah karya unik untuk dijadikan sebagai  aset digital di NFT mu sendiri. 

Aset tersebut bisa berupa musik, karya seni, klip video, foto, bahkan kamu juga bisa menggunakan postingan twitter mu untuk dijadikan sebagai aset digital.

Kamu akan diberikan kebebasan untuk memilih karya seni yang digunakan di NFT mu
tapchidefi.com

Namun, jangan lupa nih untuk memastikan bahwa aset yang kamu akan gunakan ini merupakan aset milik pribadi dan bukan mencuri atau mengambil karya orang lain. 

Sekedar informasi juga untuk yang belum punya aset NFT, kamu juga berkesempatan membuatnya sendiri di berbagai aplikasi yang tersedia saat ini.

2. Menentukan Sistem Teknologi Blockchain Untuk Membuat NFT Sendiri

Teknologi Blockchain digunakan pada NFT
www.blackxperience.co

Blockchain menjadi salah satu sistem teknologi yang tidak dapat dipisahkan dari keberadaan NFT. 

Teknologi blockchain merupakan sebuah sistem terintegrasi yang berguna untuk menyimpan data-data digital. Sehingga sistem ini sangat membantu berbagai aset digital seperti NFT. 

Saat ini, Ethereum menjadi salah satu bagian blockchain yang paling terkenal dan sering digunakan di pasar NFT.

3.  Memutuskan Jenis Dompet Kripto yang Akan DigunakaN Untuk Membuat NFT Sendiri

Dompet kripto menjadi suatu hal yang penting untuk kamu miliki sebelum kamu membuat NFT. 

Hal ini perlu dilakukan karena proses transaksi jual beli NFT menggunakan mata uang kripto. Sehingga kamu akan memerlukan dompet khusus untuk menampung mata uang kripto mu. 

Metamask merupakan salah satu e-wallet yang populer
www.howtogeek.com

Perlu diingat juga bahwa pasar NFT memberlakukan mata uang jenis kripto sehingga kamu juga perlu menukarkan uang mu dulu untuk dikonversikan dengan uang kripto. 

Metamask menjadi salah satu pilihan jenis dompet kripto yang bisa kamu pilih untuk menampung uang kripto mu.

4. Menyeleksi Pasar NFT yang Terbaik 

Langkah terakhir untuk membuat NFT adalah memutuskan pasar NFT yang akan kamu gunakan untuk menjual aset digital mu dengan harga terbaik. 

Pasar NFT juga dapat kita samakan dengan berbagai toko online masa kini seperti  Tokopedia, Shoppe, dan Bukalapak yang menawarkan banyak barang dengan berbagai tingkat harga yang tersedia.

Berbagai macam pasar NFT
beanstalk.io/5-best-nft-marketplace

Namun, di pasar NFT barang yang tersedia merupakan aset-aset digital yang tentunya barang yang dibeli tidak akan bisa sampai ke rumah selayaknya barang-barang yang kamu beli di berbagai toko online. 

Terlepas dari fakta tersebut, NFT memiliki potensi cuan yang sangat menguntungkan di masa depan.

 

Aplikasi Untuk Membuat NFT Sendiri

Saat ini, berbagai aplikasi membuat NFT sangat mudah sekali ditemukan di smartphone dan laptop.

Pengguna internet akan menemukan berbagai aplikasi tersebut melalui Play Store ataupun web browser kalian.

Oleh karena itu berikut beberapa rekomendasi aplikasi membuat NFT yang bisa kamu gunakan untuk membuat aset digital:

1. Pixel Studio

Pixel Studio merupakan salah satu tempat membuat NFT
store.steampowered.com

Pixel Studio menjadi aplikasi pembuatan NFT pertama yang bisa kamu pakai melalui handphone ataupun laptop.

Aplikasi ini menyediakan macam-macam fitur yang dapat kamu gunakan untuk menghasilkan sebuah gambar yang menarik dan laku terjual di pasar NFT.

Pixel juga menyediakan berbagai referensi gambar menarik yang tentunya akan semakin mempermudah kamu dalam menghasilkan sebuah karya gambar meskipun kamu tidak berlangganan Pixel Pro.

2. Super Mii

Meskipun aplikasi ini tidak dibuat secara khusus untuk pembuatan seni NFT, Super Mii bisa menjadi salah satu aplikasi yang dapat kamu coba untuk membuat wajah avatar baik di laptop atau smartphone mu.

Aplikasi ini memberikan kebebasan penggunanya untuk mendesain wajah avatar sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Super Mii menjadi salah satu tempat membuat NFT
youtuber.co.id

Sehingga melalui aplikasi ini kamu dapat mengekspresikan kreativitas yang kamu miliki untuk menciptakan avatar semenarik mungkin. 

Selain itu, platform ini sangat simple. Kamu hanya perlu mengunduh dan mendaftarkan akun pada aplikasi Super Mii. 

Setelah itu, kamu dapat langsung mengeksplorasi berbagai fitur yang disediakan untuk membuat avatar.

 

3. Go Art

GoArt menjadi salah satu aplikasi membuat NFT
play.google.com

Go Art merupakan salah satu perangkat lunak NFT  terbaik yang dapat mengubah foto menjadi sebuah seni berharga yang dapat kamu akses pada PC, MAC, Windows, bahkan android sekalipun.

Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mengkonversi gambar menjadi sebuah karya seni berbasis artificial intelligence.

Go art menawarkan fitur premium apabila kamu ingin mencoba seluruh elemen yang disediakan dengan biaya berkisar USD 1,74 hingga USD 35,41.

Keunggulannya, aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan dan filter yang disediakan mendorong hasil karya cenderung lebih realistis.

4. OpenSea

Saat ini, OpenSea dikenal sebagai salah satu tempat penjualan NFT pertama dan terbesar di pasar NFT dunia. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang memakai aplikasi ini untuk menjual NFT nya. 

Menariknya selain menjual NFT, perangkat lunak ini juga menawarkan para pengguna internet menciptakan karya seni NFT yang dapat diakses melalui laptop atau handphone.

OpenSea menjadi satu aplikasi pembuat NFT
gadgets360.com

Namun, yang perlu diperhatikan adalah seseorang harus terlebih dahulu membuat akun Open Sea untuk dapat bebas mengeksplorasi berbagai fitur yang disediakan.

Selain itu, Open Sea dapat kamu unduh melalui Playstore ataupun Appstore. Sehingga pengguna android dan IOS dapat dengan mudah menggunakan aplikasi ini.

5. SketchArt

 
 
SketchArt menjadi salah satu aplikais membuat NFT
venturebeat.com
 

Tidak hanya Open Sea, Sketch juga menjadi salah satu tempat pembuat NFT sekaligus kamu juga bisa langsung menjualnya di aplikasi ini.

Dengan mengunduh aplikasi ini melalui Playstore atau Appstore secara gratis, kamu bisa memanfaatkan SketchArt untuk berkreasi membuat hasil karya yang sesuai dengan keinginan.

Selain itu, SketchArt juga menyediakan informasi mengenai tata cara menggambar konten NFT sehingga melalui hal ini para pembuat NFT pemula sangat terbaru dengan adanya fitur tersebut.

 

Karya yang Bisa Dijadikan Untuk Membuat NFT Sendiri

Berbagai karya seni NFT
medium.com
 

Melihat popularitas Non Fungible Token (NFT) yang semakin menjadi perhatian dunia, mendorong banyak orang berlomba-lomba membuat NFT.

Namun kamu tau ga sih, karya seni digital apa saja yang memiliki nilai tinggi untuk dijadikan NFT?

Untuk itu, berikut kita akan bahas bersama terkait karya-karya apa saja yang bisa dijadikan NFT:

1. Karya Seni

The Merge menjadi karya seni yang dengan harga paling mahal di 2021

Karya seni menjadi salah satu jenis NFT yang paling terkenal di pasar NFT dunia. Fenomena ini tentu memunculkan peluang cuan baru tidak hanya untuk para seniman saja tapi tetapi para pengguna internet.

Sekarang ini, telah banyak terjual berbagai karya seni NFT di situs internet dengan harga fantastis. 

Pada 2021, The Merge dikenal sebagai  karya NFT termahal yang diciptakan oleh seniman digital Pak seharga USD 91,8 juta.

 

2. Musik 

Tidak hanya karya seni, musik menjadi salah satu karya NFT yang laris diburu oleh banyak orang. 

NFT musik juga sangat bervariasi bisa dalam be

Titik DJ salah satu penyanyi Indonesia yang menjual NFT

Beberapa waktu lalu juga, masyarakat Indonesia dihebohkan dengan peluncuran NFT musik milik banyak penyanyi Indonesia.

Titi DJ menjadi salah satu penyanyi musik tanah air yang ikut serta menjual lagunya berjudul “To Lose” dan”Still Learning”. Masing-masing pemegang NFT ini tentu akan menerima royalti senilai 0,1% dari total pendapatan lagu yang didapatkan.

3. Game

Game menjadi token NFT yang paling umum yang mana memiliki karakteristik tidak dapat dipertukarkan dengan game domain lain. 

NFT telah membangkitkan tranformasi teknologi berfokus pada lini bisnis game. Sektor industri ini juga sangat potensial untuk dijadikan investasi jangka panjang.

Axie Infinity merupakan game yang membutuhkan NFT
genesisblockhk.com

Binamars, Axie Infinity, dan Sorare menjadi beberapa contoh NFT game yang bisa dijadikan rekomendasi apabila kamu berminat untuk melakukan investasi pada jenis NFT ini. 

Selain itu, seseorang yang menerbitkan NFT game akan memperoleh royalti untuk setiap penjual item di pasar terbuka.

4. Meme 

Pernahkah kamu membayangkan bahwa selain menghibur pembacanya, meme juga punya potensi dapat menghasilkan pundi-pundi uang?

Sejenak terdengar mustahil fakta ini. Namun, realitasnya fenomena ini memang benar terjadi adanya.

Meme menjadi salah satu jenis NFT
www.deviantart.com

Menariknya,  dalam beberapa kesempatan orang pemilik NFT meme memasang foto pribadinya sendiri sebagai isi dari konten NFT nya untuk menarik ketertarikan pembeli.

Harga NFT meme ini dibandrol dengan harga mulai dari USD 30.000 hingga mencapai USD 770.000. 

5. Kentut 

Banyak dari kalian pasti berpendapat bahwa  fenomena ini terdengar tidak lazim. Dimana suara kentut dapat dijadikan sebagai sebuah NFT yang menghasilkan uang. 

Namun, lagi-lagi hal ini memang sebuah kenyataan. Seperti halnya seorang sutradara film Brooklyn yaitu Alex Ramirez Mallis menjual sebuah aset berupa  kentut yang dipoles dengan balutan seni dimana suara kentut tersebut dijadikan sebagai sebuah simfoni.

Kentuk bisa dijadikan sebagai NFT

Alex ini mulai merekam suara kentutnya sejak Maret 2022. Menariknya lagi,  beliau juga tidak hanya mendokumentasi kentutnya saja. Namun, suara kentut dari teman-temannya. 

Gimana kamu tertarik ga untuk mencoba mendokumentasikan suara kentutmu untuk jadi salah satu cara untuk menambah penghasilan?

Categories